10 Alasan Pentingnya Air Minum

 Selamat Hari Air Sedunia, 22 Maret 2012



Tiada satupun mahluk hidup yang tidak membutuhkan air, bahkan mahluk hidup yang selama ini berada dalam air pun tetap mengkonsumsi air sebagai kebutuhan pokok. Begitu pentingnya air bagi kehidupan sehingga sering dilukiskan sebagai ikan dan air, dua hal yang tak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. 
Berdasar hal tersebut konon di jaman penjajahan Belanda dulu KH Ahmad Sanusi pimpinan pondok Pesantren Gunungpuyuh Sukabumi, ditantang untuk membuktikannya. Bila Kiai Ahmad Sanusi  tidak bisa membuktikan teori tersebut sebagaimana yang tertulis dalam Al Quran, maka Kiai harus berhenti mengajar mengaji dan tunduk pada Pemerintah Belanda.

Tantangan Belanda tersebut dijawab oleh Kiai Ahmad Sanusi dengan memerintahkan santrinya untuk menurunkan sebutir kelapa muda dari pohonnya. Kemudian kelapa muda itu di berikan kepada Belanda dan diminta untuk membelahnya. Ketika kelapa itu terbelah, Tuan Belanda penantangnya tercengang karena mendapati seeor ikan mas sedang berenang di air kelapa. Sejak saat itu Pondok Pesantren Gunungpuyuh tidak lagi diganggu oleh Belanda.

Kembali kepada persoalan pokok kita tentang air. Jika Anda mengatahui MENGAPA minum air itu penting, mungkin Anda akan mempertimbangkannya menjadi sebuah kebiasaan. 
 
Alasan-alasan berikut ini akan merubah pandangan Anda tentang air, dan kelak secara sadar membiasakan minum air. Disarikan untuk Anda dari Reasons, why you should drink Water, www.articlesadda.com.
 
1. Darah Anda lebih dari 80 persen air dan membutuhkan air untuk membuat sel-sel darah baru yang sehat.
 
2. Tulang Anda lebih dari 50 persen air dan, membutuhkan air untuk membuat sel-sel sehat tulang baru.
 
3. Minum lebih banyak air sebenarnya membantu mengurangi rasa sakit di tubuh Anda dengan sistem limfatik. Sistem limfatik adalah simpul jaringan, tabung, pengangkut, dan cairan yang bergerak membuang keluar dari jaringan Anda. Hal ini membutuhkan air untuk berfungsi dengan benar.
 
4. Air membantu untuk menghilangkan limbah dan racun dari tubuh melalui sistem limfatik, ginjal, dan usus.
 
5. Air melumasi sendi dan membantu mengurangi nyeri sendi dan melindungi dari keausan.
 
6. Air mengatur metabolisme Anda sehingga jika Anda memiliki kelebihan berat badan maka Anda perlu lebih banyak air.
 
7. Air menyeimbangkan suhu tubuh.
 
8. Air membantu untuk memastikan berfungsinya listrik yang memadai sehingga otak dan fungsi sistem saraf dengan benar. Otak dan sistem saraf mengirimkan sinyal-sinyal listrik berfungsi dengan baik.
 
9. Air dapat mengurangi dehidrasi. Dalam keadaan dehidrasi energi Anda dapat terkuras dan membuat Anda merasa lelah. Jika Anda haus, Anda sudah mengalami dehidrasi dan ini dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan otot, pusing dan gejala lainnya.
 
10. Setiap sel dan organ dalam tubuh Anda membutuhkan air yang cukup untuk berfungsi dengan baik.
 

Jadi, salah satu cara tercepat dan termudah untuk meningkatkan kesehatan Anda adalah untuk mulai minum lebih banyak air murni setiap hari. Pastikan untuk minum air saat perut kosong atau Anda akan kehilangan enzim pencernaan Anda dan membuat pencernaan Anda kurang efektif.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s